Sejarah Berdirinya TK II YP BDN Cilandak & Program Sekolah

Pada tahun 1967 Ibu-ibu eks Bank Dagang Negara yang tergabung dalam wadah Rukun Wanita BDN (yang dikenal dengan nama RUWA-BADAN) mendirikan sebuah sekolah yang popular dengan nama SEKOLAH RUWABADAN dengan menempati bangunan bekas Komplek BDN Pesing yang memiliki keinginan luhur mencerdaskan anak-anak calon penerus bangsa dimasa depan. Tahun 1974 Kepala Sekolah BDN mengajukan kepada Direksi BDN untuk medapat sebidang tanah guna pembangunan sekolah Ruwabadan yang kemudian terealisasi pada tanggal 20 Agustus 1976. Pembangunan sekolah selanjutnya diserahkan dan dibiayai oleh Pemda DKI yang pembangunannya rampung tanggal 9 Maret 1977 dan pengelolaan serta pemeliharaan diserahkan oleh  Bapak Ali Sadikin selaku Gubernur DKI kepada Ruwabadan yang diwakili oleh Ibu Widarsadipradja.

Sekolah yang dikelola Ruwabadan dengan Akte Notaris No.58 tanggal 21 September 1984 dan diundangkan dalam Berita Negara no. 86 tanggal 26 Oktober 1999 tambahan Berita Negara no.188 terbentuk pengurus tmt 21 September 1984 yang terdiri dari Badan Pengawas, Badan Pengurus dan Anggota. Sesuai dengan akte tersebut diatas pengelolaan sekolah dialihkan kepada Korpri Unit BDN deangan diberi nama Yayasan Pendidikan Korpri Unit Bank Dagang Negara dikenal YASDIKPRI BDN. Pada tanggal 4 Juli 1996 Direksi BDN memberikan bantuan kepada YASDIKPRI BDN serta sarana pendukung operasional berupa sebuah unit mobil Izuzu Panther.

Merujuk undang-undang no.28 tahun 2004, Perubahan UU No.18 th,2001 tentang Yayasan dilakukanlah penyesuaian Anggaran Dasar dan terhitung 09 Agustus 2007 susunan pengurus berubah lagi. Selanjutnya tmt 1 Januari 2011 kepengurusan yang baru telah dicatat oleh Kementrian Hukum dan Hak Azasi Manusia RI-Direktorat Jendral Administrasi Hukum Umum cfm No. AHu-Ah.01.08.-120 tanggal 22 Febuari 2011 sehingga legalitas sebagai UU Yayasan telah terpenuhi dan kepengurusan tersebut menjadi :

1. Pembina : Ketua (H.Hadi Rachmansyah Pane), Anggota (H.Soepono Soenanto)

2. Pengurus : Ketua (H.Drs. Sudarislan), Sekertaris (H.Drs. Retno S), Bendahara (H.Drs. Bambang Ismu H)

3. Pengawas : Ketua (Bpk. Soka Dharma)

Kepengurusan tersebut telah dilaporkan untuk mendapat persetujuan /pengesahan dari Bank Mandiri selaku pendiri Substitusi.

Yayasan Pendidikan Eks Bank Dagang Negara (yang selanjutnya disebut YPBDN) telah mendirikan sekolah-sekolah TK I, SD, SMP, SMU YPBDN yang berlokasi di Komplek Bank Mandiri Pesing Jakarta Barat. Kemudian tanggal 7 Juni 1976 didirikan TK II YPBDN yang merupakan cabang dari TK I YPBDN Pesing dan berlokasi di Jalan Bursa No.18 Komplek Perumahan Bank Dagang Negara (saat ini bernama Bank Mandiri).

Sejak tahun 1967, TK II YP BDN mulai beroperasi menerima pendaftaran peserta didik baru dengan Nomor Izin Menyelenggarakan sekolah Sekolah: SP.1761/101.1A/I.85 dan Nomor Identitas Sekolah 000180 Pada tahun 2004, TK II YP BDN dapat mengikuti akreditasi yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional Departemen Pendidikan Nasional (Sebelum berubah nama menjadi Kementrian Pendidikan Nasional) dengan Nomor 08/BAS-DIKDAS/XIII/2005 dengan perolehan angka 87,60 yang ekuivalen dengan nilai A (Amat Baik).

TK II YP BDN sejak berdirinya bernaung di bawah Kementrian Pendidikan Nasional dan pada tahun 2011 telah membuka Kelas Bilingual yang mana hal ini melihat minat orang tua siswa dan kebutuhan siswa yang akan melanjutkan ke Sekolah Dasar yang menggunakan 2 (dua) bahasa.
Adapun Visi dan misi Yayasan Pendidikan Eks Bank Dagang Negara adalah sebagai berikut :

Visi :
1. Membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan bangsa Indonesia akan pendidikan, pengajaran, kebudayaan dan olah raga.
2. Membentuk putra dan putri Indonesia sebagai manusia beradap, bermatabat, berilmu, sehat jasmani dan rohani. (Beriman)

Misi :
1. Mendirikan dan menyelenggarakan sekolah-sekolah/perguruan, kursus-kursus yang dipandang perlu.
2. Mengelola sekolah-sekolah dilingkungan Bank Mandiri eks BDN meliputi TK, SD dan SMU.
3. Menyerahkan kegiatan-kegiatan lain yang tidak bertentangan dengan maksud dan tujuan Yayasan.


1. Tinjauan Geografis dan Demografis

TK II YP BDN Cilandak yang bangunannya berdiri di atas tanah milik Bank  Mandiri (dulu Bank Dagang Negara (BDN)) seluas 1000 M2 dan bangunan seluas 500 M2 ini beralamat di Jl. Bursa No. 18 RT.008 RW013 Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Telp. (021) 759-04659. Terdiri dari 1 lantai seluas 500 M2 dengan 12 ruangan yaitu:

  • 1 ruang Kepala Sekolah 
  • 3 ruang kelas 
  • 1 ruang TU
  • 1 ruang guru
  • 1 ruang dapur 
  • 1 ruang kamar mandi siswa
  • 1 ruang kamar mandi guru
  • 1 ruang UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)
  • 1 ruang gudang
  • 1 ruang halaman bermain outdoor di depan halaman
  • 1 ruang halaman bermain outdoor di samping  kelas
  • 1 ruang cuci tangan, gosok gigi dan untuk ambil air wudhu 
  • 1 Lapangan Futsal
  • 2 Playground outdoor Kelurahan Cilandak Barat, dengan luas wilayah 6,05 Km2, terdiri atas 60.918 jiwa penduduk dengan 9,709 Kepala Keluarga yang tergabung dalam150 Rukun Tetangga dan 13 Rukun Warga .  Kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Gandaria Selatan di sebelah Utara, Kelurahan Pondok Pinang di sebelah Barat, Kelurahan Cilandak Timur di sebelah Timur dan Kelurahan Pondok Labu di sebelah Selatan. 


2. Visi dan Misi TK II YP BDN

Visi dan misi TK II YP BDN tidak menyimpang dari visi dan misi YP BDN dan berikut visi misi TK II YP BDN.
Visi : Menjadikan manusia yang cerdas, berbudaya dan bertaqwa.
Misi : Mengoptimalkan seluruh aspek perkembangan anak usia dini yang meliputi moral, nilai-nilai, agama, sosial, emosional, kemandirian, fisik, motorik dan kognitif.

3. Rencana Program Kegiatan TK II YP BDN Cilandak


  • Pembuatan Rancangan Angaran Pembelanjaan Sekolah 
  • Penerimaan Siswa Baru (PSB) 
  • Pembagian Kelas / Kelompok
  • Menyusun Program Kegiatan Siswa baik kelas Bilingual dan kelas Regular
  • Pengisian Administrasi (Buku Induk)
  • Mengadakan Upacara Bendera
  • Pemeriksaan Kesehatan
  • Melaksanakan Test IQ
  • Mengikuti Penataran, Seminar, Workshop, Outbond
  • Mengikuti Rapat DIKNAS: IGTK / PGRI, Wilayah, Gugus
  • Pertemuan Rutin Kepala Sekolah
  • Mengikuti Lomba Ekstern (Hardiknas, Drumband, Menari)
  • Mengadakan Manasik Haji/Kegiatan Ibadah
  • Mengadakan Lomba Intern (Mother”s Day, Maulid Nabi – Hafalan surat pendek (Islam), Mencari Telur – Paskah (Kristen), Tennis Junior Cup, Kartinian)
  • Mengadakan Rekreasi Guru, Anak, dan Orang Tua
  • Mengadakan Perpisahan/Tutup Tahun Ajaran/PENSI


4. Program Jangka Panjang & Pendek TK II YP BDN

a. Jangka Panjang

1. Mewujudkan TK II YP BDN Cilandak sebagai sekolah unggulan yang dapat meluluskan siswa-siswa yang cerdas, berbudaya dan bertakwa.

2. Menciptakan Lingkungan Sekolah yang kondusif dan aman untuk proses belajar mengajar dan tempat berinteraksi sosial peserta didik dengan warga sekitar.

3. Menjadikan sekolah sebagai tempat pengembangan bakat, minat, dan lembaga pembinaan prestasi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik

4. Melatih SDM sekolah yang berkompeten dan profesional dalam bidangnya, maupun mengembangkan diri dalam profesinya secara optimal, kreatif serta inovatif terhadap perkembangan pendidikan.

5. Mewujudkan TK II YP BDN Cilandak sebagai sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang ideal sesuai dengan tuntutan masyarakat dan tuntutan zaman.

6. Menjalin kerjasama yang erat dengan lembaga yang relevan dalam pengembangan SDM, kualitas pembelajaran serta pembentukan peserta didik yang cerdas, berbudaya dan bertakwa.

7. Menjadikan TK II YP BDN sebagai tempat pertukaran informasi pendidikan bagi sekolah-sekolah di wilayahnya.

8. Meningkatkan sarana dan prasarana lab komputer serta memperbaiki gedung sekolah.

b. Jangka Pendek

1. Sekolah Unggulan dalam bidang akademik, non-akademik, serta berbuidaya dan bertakwa diupayakan dalam bentuk program:

  • Penerimaan peserta didik baru dengan sistem seleksi yang baik meliputi batas minimal usia masuk sekolah dan observasi kompetensi dasar yang valid dan relevan
  • Penerimaan peserta didik pindahan secara selektif dengan alat tes yang benar, valid, relevan, obyektif yang sesuai dengan kemampuan peserta didik untuk pengembangan selanjutnya
  • Menjadikan bahasa Inggris dan komputer sebagai mata pelajaran muatan lokal.
  • Struktur program kurikuler dengan mengembangkan program kemampuan bahasa inggris, komputer, musik dan iqro.
  • Pengembangan pelaksanaan proses belajar mengajar (PBM) kelas dengan berorientasi active learning, kontekstual dan moving class.
  • Peningkatan prestasi peserta didik melalui program bimbingan belajar bidang studi pilihan dan program remedial serta pembinaan anak berbakat dalam bidang akademis maupun non akademis
  • Pelaksanaan sistem evaluasi pengajaran yang komprehensif dari semua aspek yang dimiliki peserta didik baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotor
  • Program motivasi peserta didik melalui pemberian reward tingkat kelas maupun tingkat sekolah
  • Program pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling baik untuk anak maupun orangtua dengan petugas yang profesional (Ahli Psikolog)
  • Penanaman ketuhanan dan ketakwaan melalui muatan Agama Islam dan Agama Non Islam dalam pelajaran, pembiasaan dan ketauladanan.


2. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, aman dan nyaman untuk proses belajar mengajar diupayakan dalam bentuk program:

  • Ketertiban sekolah tersosialisasi dengan baik dan ditegakan dengan cara mengadakan pengecekan secara teratur
  • Mewujudkan sekolah yang bersih dan sehat bagi warga sekolah melalui budaya sadar bersih di sekolah
  • Membina kerukunan antar warga sekolah melalui silaturrahim dan program kegiatan bersama
  • Meningkatkan keamanan sekolah selama 24 jam setiap hari
  • Menjalin kerjasama yang erat dengan warga dan aparat setempat
  • Melaksanakan kegiatan sosial dalam lingkungan masyarakat (baksos)


3. Menjadikan sekolah sebagai pusat pengembangan bakat, minat dan pembinaan prestasi peserta didik diupayakan dalam bentuk program:

  • Melaksanakan program ekstrakurikuler berdasar pilihan anak dan mengacu pada program sekolah
  • Menampung kreatifitas anak melalui karya-karya di majalah dinding (mading)
  • Mengikut sertakan peserta didik-peserta didik berbakat dan berprestasi dalam kegiatan lomba
  • Menjalin kerjasama dengan sekolah lain dan lembaga yang relevan untuk pembinaan dan pengambangan bakat serta prestasi anak


4. Menjadikan SDM sekolah yang kompeten dalam bidangnya masing-masing dan memiliki pengetahuan agama yang luas untuk bekal kiprahnya dalam masyarakat

  • Melaksanakan pembinaan pegawai melalui kegiatan supervisi kelas maupun pembinaan rutin mingguan
  • Melaksanakan pelatihan khusus peningkatan profesionalisasi dalam bentuk seminar dan workshop
  • Memberikan penghargaan kepada pegawai, guru, karyawan yang berprestasi
  • Melaksanakan studi banding ke lembaga pendidikan lain dan instansi yang relevan dalam menambah wawasan
  • Mengirim guru/ karyawan untuk mengikuti lomba-lomba sesuai dengan bidang tugas dan keahlian


5. Mewujudkan TK II YP BDN Cilandak sebagai sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang ideal untuk bersaing dalam dunia global diupayakan dalam bentuk program.

  • Penyediaan sarana ruang kelas pendukung dari ruang kelas utama seperti ruang lab, perpustakaan, lab bahasa dan musik
  • Melengkapi peralatan-peralatan ruang pendukung secara bertahap sehingga terwujud ruang kelas yang ideal
  • Melangkapi sarana ruang kelas dengan komputer dan berbagai macam media
  • Menjadikan perpustakaan sekolah lengkap penyediaan koleksi buku sumber/ referensi pengajaran yang berkaitan dengan materi pengajaran
  • Menjadikan suasana kelas yang nyaman dengan melengkapi ruangan kelas ber-AC secara lengkap


6. Menjalin kerjasama yang erat dengan lembaga-lembaga pendidikan maupun non pendidikan dalam rangka pengembangan mutu sekolah di upayakan dalam bentuk:

  • Mengikuti kegiatan rapat/pertemuan tingkat wilayah kecamatan Cilandak
  • Bekerja sama dengan pihak lain dalam penyelenggaraan pelatihan atau kursus, seperti : pelatihan komputer, pelatihan bahasa Inggris, kursus doktor kecil dll
  • Kerjasama dalam penyediaan narasumber pembelajaran
  • Kerjasama dengan pihak lain dalam menyelenggarakan Field Trip
  • Kerjasama dengan warga sekitar dalam program kemasyarakatan seperti penyaluran hewan kurban, baksos, zakat atau program anak asuh
  • Kerjasama dengan lembaga lain dalam pelaksanaan psikotes (Test IQ)
  • Studi banding antar sekolah


7. Struktur Organisasi
Sebagaimana disebutkan di atas, TK II YP BDN Cilandak dikelola oleh Yayasan Pendidikan Eks Bank Dagang Negara dengan Ketua Pembina H. Drs. Hadi. Rachmansyah Pane; Ketua Pengawas Soka Dharma, SH dan Ketua Pengurus H. Drs. Sudarislan. Kemudian dalam menjalankan kegiatannya, secara struktural Kepala Sekolah dibantu oleh tenaga bidang Tata Usaha yang terdiri dari satu orang, Pramubakti dua orang dan Badan Peran Serta Masyarakat atau Komite TK yang terdiri dari para wali peserta didik.

Selain itu, Kepala Sekolah dibantu juga oleh Kelompok Jabatan Fungsional atau Staff Pengajar yang berjumlah empat orang, termasuk Kepala Sekolah sendiri. Tenaga Tata Usaha bertanggung jawab atas tata kelola dan hal-hal yang menyangkut administrasi sekolah. Komite bertanggung jawab atas terselenggaranya berbagai kegiatan sosial, kemasyarakatan, dan keagamaan.